Subscribe
Add to Technorati Favourites
Add to del.icio.us
Selasa, 22 September 2009

sekolah yoo

Diposting oleh ngebog

Meneruskan ke perguruan tinggi
Perguruan tinggi negeri
Perguruan tinggi dinegera kita banyak jumlahnya, dan rata rata siswa SMA yang telah lulus dan ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi ,meraka berkeinginan untuk masuk ke perguruan tinggi negeri(PTN) dan berharap dapat diterima di perguruan tinggi negeri. Oleh karena di PTN daya tampung dan peminat tidak seimbang ,maka banyak diantara lulusan SMA harus berebut untuk mendapatkan jatah kursi yang tersedia., bagi mereka yang diterima tentu akan senang dan yang tidak di terima akan sedih. Seharusnya bagi mereka yang tidak diterima jangan sampai putus asa dan bersedih karena masih banyak perguruan tinggi swasta yang kualitasnya tidak kalah dengan perguruan tinggi negeri.
Perguruan tinggi swasta
Banyak sekali perguruan tinggi swasta(PTS) yang mutunya tidak kalah dengan perguruan tinggi negeri, lulusanya pun dapat bersaing dengan lulusan perguruan tinggi negeri, ada banyak perguruan tinggi swasta yang profesional dalam mendidik mahasiswanya dan menghasilkan lulusan yang berkualitas, oleh karena itu bagi mereka yang mau melanjutkan jangan patah arang hanya karena tidak diterima di PTN. Ambil saja perguruan tinggi swasta, toh setelah lulus juga bersaing lagi dalam memperebutkan dunia kerja, dan rajinlah belajar agar nati setelah lulus siap bersaing.
Persiapan mengahadapi ujian masuk perguruan tinggi
Sejak dulu baik perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta mengadakan tes dalam menjaring mahasiswanya Untuk mendapatkan peluang lolos yang lebih besar dalam ujian masuk perguruan tinggi para peserta ujian dituntut dapat mengerjakan dengan benar soal yang di ujiakan ,sehingga nilai hasil ujian yang diperoleh bagus yang nantinya berimbas terhadap lulusnya tes.,dan untuk bisa mengerjakan soal ujian dengan benar perserta ujian memerlukan persiapan yang matang. Persiapan itu dapat ditempuh dengan cara peserta ujian jauh jauh hari sudah belajar mengerjakan soal soal, rajin mengerjakan soal soal dan memahami maksud soal , ikut bimbingan belajar dan lain lain.
Memilih perguruan tinggi
Ketepatan memilih perguruan tinggi sangat penting karena berpengaruh terhadap lolos tidaknya kita. Jika kita memilih perguruan tinggi yang peminatnya banyak tentu saja peluang lolos kita juga kecil sebaliknya jika kita memilih perguruan tinggi yang peminatnya sedikit maka peluang lolos kita akan besar, Untuk perguruan tinggi yang favorit biasanya meminatnya banyak jadi untuk bisa lolos kita sesuaikan saja dengan kemampuan kita , bila kita siap untuk bertarung dan yakin menang tidak ada salahnya memilih dan ikut tes di perguruan tinggi yang favorit.
Memilih jurusan
Dalam melanjutkan studi kejenjang yang lebih tinggi memilih jurusan sangat penting karena jika salah pilih maka proses belajar kita tidak akan lancar dan kita dalam menjalaninya juga tidak enjoy, pilihlah yang sesuai dengan minat dan bakat, jika hal tersebut dilakukan pasti dalam proses belajar akan terasa menyenangkan , ilmupun mudah masuk ke otak kita tanpa ada penolakan,.beda lagi kalo kita masuk jurusan yang tidak sesuai dengan minat dan bakat kita, pasti rasanya akan berat, dan juga setiap ada ilmu yang masuk pasti dengan sendirinya ada penolakan,biasanya penolakan ini bentuknya alasan ini dan itu dari diri kita misal sulitlah,,tulisan dosen kayak ceker ayam lah,,,tulisanya terlalu kecil dan ngak bisa dibacalah ,,..ngantuklah,,..tidurlahh,,dan alasan yang lain
Merencanakan lama studi
Untuk menghemat waktu belajar kita harus merencanakan lama studi di perguruan tinggi Jangan sampai terlalau lama karena selain boros dalam biaya juga menandakan kita lelet dalam menerima mata pelajaran. Untuk mencapai masa studi yang minimum tersebut berlu perencanaan yang matang dan tetap fokus pada tujuan kita yaitu study ,untuk kegiatan yang lain mending di tunda dulu, rajin belajar dan rajin masuk akan berdampak terhadap penguasaan materi yang diberikan , dan dengan penguasaan materi yang bagus tentu bila nanti ada ujian kita dapat menjawab setiap pertanyaan dengan benar dan jika kita menjawab dengan benar otomatis matakuliah yang diujikan akan lulus juga,sehingga kita tidak perlu mengulang karena nilai kita bagus dan kita sudah lulus,coba bandingkan dengan yang tidak pernah belajar dan tidak pernah masuk tentu mereka tidak menguasai materi dan nanti jika ada ujian pasti nialainya jeblok yang berarti tidak lulus mata pelajaran yang diujikan dan harus mengulangnya dan hal tersebut dapat membuat lama waktu study kita. Betuulll ngaaa?

0 komentar:

Posting Komentar