Subscribe
Add to Technorati Favourites
Add to del.icio.us
Selasa, 22 September 2009

ayo mencari kerja

Diposting oleh ngebog

Mencari kerja
Banyak dari kita masih mengangur dan berusaha untuk mencari pekerjaan.Sebenarnya dalam mencari pekerjaan. Bagi sebagian orang di anggap gampang dan sebagian lagi sulit, bahkan sangat sulit karena pencari kerja di hadapkan pada kompetisi antar pencari kerja yang sama sama berebut peluang yang artinya mau tak mau harus bersaing satu sama lain . Bagi mereka yang selalu menang dalam persaingan mencari kerja itu mudah dan yang kalah dalam persaingan mencari kerja itu sulit.Nah untuk menang kita harus meniru mereka caranya ialah dengan mempersiapkan sedini mungkin diri kita untuk menghadapapi persaingan, pencari kerja yang menang dalam persaingan adalah mereka-mereka yang sudah sejak dini mempersiapkan diri supaya lolos dari seleksi.Dan peluang lolos bagi mereka dengan persiapan lebih dini akan lebih besar dari pada orang yang tidak.
Mencari informasi lowongan pekerjaan
Dalam mencari kerja terlebih dahulu kita mencari lowongan pekerjaan.dan dalam mencari informasi lowongan pekerjaan kita harus aktif kesana kemari, kesini kesitu untuk mendapatkan informasi dimana lowongan pekerjaan berada.Informasi lowongan pekerjaan dapat kita peroleh dari berbagai sumber, misal dari Koran, dari radio, dari internet dan yang lain.memang untuk memeroleh info lowongan pekerjaan kita dituntut untuk aktif mencari sumber-sumber info lowongan pekerjaan dan rajin memantau sumber sumber info lowongan pekerjaan tersebut dengan begitu bila ada info baru maka kita tidak ketinggalan. Misal dengan sering datang di dinas tenaga kerja dan melihat info lowonggan yang biasanya ditempel di papan pengumuman, memantau radio tertentu yang sering menyiarkan iklan lowongan atau membuka internet untuk mencari info lowongan pekerjaan.Setelah kita dapat informasi lowongan pekerjaan dan masuk dalam kualifikasi yang mereka(pencari tenaga kerja) syaratkan langsung saja daftar. Setelah syarat syarat terpenuhi tinggal menunggu panggilan untuk mengikuti tahapan berikutnya
Surat lamaran
Dalam mencari kerja setelah kita dapat informasi ada lowongan pekerjaan dan syarat syarat yang sudah ditentukan sesuai dengan kualifikasi kita langkah selanjutnya adalah membuat surat lamaran. Tidak semua surat lamaran kerja yang dikirim oleh pelamar akan mendapat panggilan atau jawaban dari pencari tenaga kerja, hanya mereka- mereka yang sesuai dengan kualifikasi atau syarat-syarat yang telah ditentukan oleh pencari tenaga kerja yang akan dipanggil.Oleh karena itu dalam surat lamaran kerja pelamar hendaknya memuat kemampuan atau kualifikasi si pelamar terhadap pekerjaan yang dilamar. Sehingga pencari tenaga kerja yakin terhadap pelamar dan memanggil si pelamar.Dari sekian banyak surat lamaran yang masuk akan diseleksi lagi dan yang sesuai atau kualifikasi persyaratan posisi pekerjaanlah yang akan diproses lebih lanjut dengan memanggil pelamar pengikuti tes selanjutnya dari serangkaian tes nantinya.
Dukumen-dukumen yang menyertai surat lamaran.
Dalam pembuatan surat lamaran kerja biasanya disertakan dukumen dukumen pendukung yang disertakan dengan surat lamaran. Sehingga pencari tenaga kerja dapat mengetahui banyak hal tentang pelamar baik itu domisili, pengalaman kerja, kesehatan pelamar dan lain lain.Dokumen domuen yang disertakan bersamaan dengan surat lamaran biasanya adalah;
1.Daftar riwayat hidup(curriculum vitae)
2.copy ijasah pendidikan yang dilegalisir
3.copy trankip nilai yang dilegalisir
4.copy kartu tanda penduduk
5.SKKB(surat keterangan kelakuan baik)
6.surat keterangan berbadan sehat
7.Surat keterangan pengalaman kerja.




Membuat surat lamaran
Kita dapat membuat surat lamaran dengan contoh yang banyak kita jumpai di buku buku yang membahas surat lamaran pekerjaan.Dan buku buku tersebut dapat kita beli ditoko toko buku.terdekat.
Berikut ini surat lamaran yang pernah saya buat.





Surabaya, 18 mei 2009

Hal:Lamaran Marketing Exsecutive(ME)

Kepada
Yth.Manager personalia

PT Abcd
Jl.Muara sungai 11
P.O.Box 302010
SURABAYA TENGAH 302010


Dengan hormat,

Bersama surat ini, saya bermaksud melamar pekerjaan sebagai marketing eksekutif di PT Abcd
Sebagai bahan Pertimbangan, berikut saya catumkan data-data pribadi saya:
Nama :
Jenis kelamin :
Tempat/ tgl.Lahir :
Agama :
Kewarganegaraan :
Status :
Alamat :
Pendidikan :
Pengalaman kerja :

Untuk melengkapi lamaran ini, saya lampirkan pula foto copy ijasah,traskip nilai dan surat-surat penting lainya serta pas foto terbaru.

Demikian surat lamaran ini, besar harapan saya untuk dapat ikut seta mengembangkan PT.Abcd
Sekian dan terimakasih.




Hormat saya


( )
Lampiran:
1(satu)lembar Daftar Riwayat Hidup
1(satu) lembar copy ijasah pendidikan
1(satu) lembar copy trankip nilai
1(satu) lembar copy kartu tanda penduduk
1(satu) lembar copy surat pengalaman kerja
1(satu) lembar Surat Keterangan Kelakuan Baik
1(satu) lembar Surat Keterangan Berbadan Sehat
Pangilan tes
Biasanya bila surat lamaran kerja yang kita kirim sesuai dengan kualifikasi yang mereka inginkan maka tidak lanjut mereka adalah kita akan di panggil untuk mengikuti serangkaian tes berikutnya baik itu tes tulis, tes wawancara, dan tes kesehatan dan setelah itu akan diberitahu hasil tes secara keseluruhan
Tes tertulis
Untuk menindak lanjuti surat lamaran kerja yang dikirim pelamar maka pihak pencari tenaga kerja memangil pelamar yang surat lamaranya sudah mereka seleksi dan sesuai dengan kebutuhan mereka untuk mengikuti tes tertulis, tes tertulis adalah ujian awal bagi pelamar untuk dilalui oleh karena itu pelamar harus mempersiapkan diri dengan baik. Pelamar dapat mencari contoh materi tes tertulis di buku buku yang banyak dijumpai di toko buku. Setelah itu pelamar dapat berlatih mengerjakan contoh contoh tes tertulis tersebut dan bila tes tertulis dilaksanakan pelamar akan lebih siap.
Pengumuman tes tertulis
Biasanya mereka yang dinyatakan lolos tes tertulis akan di panggil untuk mengikuti tes selanjutnya yaitu tes wawancara, Dan pelamar yang sudah mengikuti tes tertulis kemudian dipanggil untuk tes wawancara menandakan bahwa pelamar tersebut telah lolos tes tertulis dan tidak semua pelamar yang mendapat kesempatan ini, hanya pelamar yang hasil tes tertulisnya bagus yang akan dipanggil mengikuti tes ini.
Tes kesehatan
Tes kesehatan biasanya akan dilaksanakan setelah pelamar lolos dari tes wawancara dan tes terakhir dari serangkain tes penerimaan karyawan.Jika pelamar lolos dari tes kesehatan maka besar kemungkinan pelamar akan menjadi karyawan baru.

0 komentar:

Posting Komentar